Kelurahan/Desa Blederan:

Blederan adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Mojotengah, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Desa

Desa Blederan berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya, diperkirakan berdiri setelah terjadi perang Diponegoro melawan Belanda dan sebelum Indonesia merdeka tahun 1945, hal ini berdasar dari cerita bahwa Lurah pertama di Desa Blederan di ketahui tahun 1912.

Pemerintah Desa Blederan sampai saat ini belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan kapan tahun berdirinya Desa Blederan. Sejarah Desa Blederan hanya dapat di telusuri melalui cerita lisan yang berkembang secara turun temurun di tengah masyarakat khususnya tokoh sepuh masyarakat, bahwa Lurah pertama Desa Blederan berasal dari Yogyakarta.

Menurut cerita dari Bapak Bahrudin selaku tokoh sepuh Desa Blederan dan juga mantan Bau/Kadus Dusun Blederan menerangkan bahwa Desa Blederan pada awalnya masuk wilayah Kecamatan Garung dan sejak tahun 1935 masuk wilayah Kecamatan Mojotengah. Di ceritakan pula bahwa Desa Blederan pada awalnya merupakan tempat musyawarah untuk menyusun strategi perang dan sebagai tempat untuk berlaga/perang adalah di Dusun Klesman.

Sejarah ini ditulis berdasarkan cerita secara turun temurun, dan salah satu narasumber yang menjadi rujukan penulisan sejarah Desa Blederan adalah mantan Bau/Kadus Dusun Blederan periode 1972 – 2005 yaitu Bapak Bahrudin yang lahir di Wonosobo pada tanggal 5 April 1930, yang  menceritakan sejarah Desa Blederan kepada Sekdes Blederan periode sekarang yaitu Bapak Masrukhin.

Bagikan: