Kelurahan/Desa Gambaran:

Gambaran adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kaliwiro, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Desa

Berdasarkan pengumpulan keterangan dari beberapa narasumber, sejarah awal terbentuknya Desa Gambaran dimulai dari tercetusnya Perang Diponegoro yang juga dikenal dengan sebutan Perang Jawa yang berlangsung selama lima tahun (1825-1830). Perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara, melibatkan pasukan Belanda di bawah pimpinan Jendral De Kock yang berusaha meredam perlawanan penduduk Jawa di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Akhir perang menegaskan penguasaan Belanda atas Pulau Jawa.

Disebutkan oleh narasumber bahwa ketika pihak Belanda berhasil memukul mundur pasukan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa, para prajurit dan pengikut setia Pangeran Diponegoro yang tersisa melarikan diri dan menyebar ke pelosok-pelosok tanah Jawa. Tersebutlah Mbah Kyai Gambar (bukan nama sebenarnya) beserta kedua temannya, yakni : Mbah Kyai Fatah dan Mbah Kyai Kanthong lari dan bersembunyi di sebuah tempat, tempat inilah yang kemudian menjadi Desa Gambaran.

Pada saat sampai ditempat persembunyian, daerah ini masih berupa hutan belantara, kemudian dibabat dan Mbah Kyai Gambar mendirikan sebuah rumah tinggal. Seiring berjalannya waktu banyak orang yang datang dan tinggal ditempat ini dan terbentuklah sebuah pemukiman untuk kemudian menjadi sebuah desa bernama Desa Gambaran. Dinamakan Desa Gambaran sesuai tujuan awal penggunakan tempat ini sebagai tempat menggambar-gambar atau penyusunan strategi melawan kekuasaan Belanda atas Hindia Belanda.

Dari penjelasan dan keterangan dari para narasumber diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Desa Gambaran terbentuk pada Tahun 1830, sebagai tanda berakhirnya Perang Diponegoro dan Mbah Kyai Gambar sebagai pendirinya.

Bagikan: