Kelurahan/Desa Gunungtawang:

Gunungtawang adalah termasuk desa pertanian, yang terletak pada ketinggian ±460 Meter diataspermukaan laut, sedangkan kondisi topografinya merupakan daerah dataran sedang, Desa Gunungtawang merupakan bagian dari gambaran salah satu wilayah di Kabupaten Wonosobo yang letak wilayahnya strategis karena wilayahnya dilalui wilayah Kecamatan Leksono dan Sukoharjo.Diapit dua jalan utama yaitu jalan raya banyumas dan jalan raya leksono Wonosobo.
Komoditi utamanya adalah tanaman padi dan palawija, serta memiliki sumber mata air yang bernama Kreo, Si Pace, Si Plumbon dan Keweden, mata air tersebut airnya keluar mengalir cukup besar dan airnya sangat jernih dan sehat, ini adalah merupakan kekayaan alam yang berpotensi dimanfaatkan sebagai pabrik air minum maupun pariwisata alam.

Potensi air di Gunungtawang sebenarnya jika benar-benar dikelola denga bik dan benar, baik oleh pemerintah desa ataupun pemerintah daerah adalah suatu emas yang sangat memberikan harapan masa depan cerah termasuk bila ada investor yang mau berinvestasi tidaklah rugi, karena baik untuk perikanan maupun obyek wisata tentunya sangat baik untuk dijadikan aset pengembangan usaha bisnis, hanya saja kurangnya informasi dan modal untuk bisa mengembangkan potensi ini.
Suhu udara diwilayah Desa Gunungtawang rata-rata 24 C – 30 c pada siang hari dan turun menjadi 20 c pada malam hari, khusus pada bulan juli-agustus turun menjadi 12 c – 15 c pada malam hari dan 15 c – 20 c pada siang hari.
Hujan turun hampir sepanjang tahun. rata-rata hari hujan adalah 196 hari, dengan curah hujan rata-rata 3.400 mm. Dalam satu desa terdiri dari 2 (dua) dusun yaitu dusun binangun terbagi dalam 2 RT dan 1 RW dan dusun Gunungtawang terbagi dalam 3 RW dan 10 RT, secara global yaitu terdiri dari 2 dusun, 4 RW dan 12 RT, jarak desa dengan ibu kota kecamatan ±2,5 Km dan dari Ibu kota Kabupaten ±9Km.

Batas Wilayah
– Sebelah Barat : Sungai Serayu
– Sebelah Utara : Desa Pakuncen dan Kelurahan Selomerto
– Sebelah Timur : Kelurahan Selomerto dan Desa Krasak
– Sebelah Selatan : Sungai Begaluh (Desa Krasak)

Bagikan: