Kelurahan/Desa Kapulogo:

Kapulogo adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kepil, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Desa

Kapulogo merupakan nama salah satu tanaman rempah-rempah. Konon, nama Kapulogo sudah ada sejak zaman dahulu kala. Meski terletak di wilayah Kabupaten Wonosobo, tetapi dialek dan kesejarahan Kapulogo lebih dekat dengan Purworejo maupun Magelang, karena letaknya di perbatasan.

Ada beberapa tokoh yang konon "bubak senggani" Desa Kapulogo diantaranya: - Kyai Jamsari - Kyai Jayakerta - Glondong - Simbah Manten - Kyai Chasbullah, dll. (Dalam penelusuran sejarah)

Kapulogo pada era perjuangan 1945 - 1947 pernah dijadikan markas Tentara Hizbullah wilayah Kedu (Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Magelang) tepatnya di Kapulogo Kulon. Waktu itu komandan Hizbullah wilayah kedu adalah Sangidi Mahyudin.

Pada era yang sama, KH.Syaifudin Zuhri (Menteri agama era Presiden Soekarno) yang merupakan Hisbullah serta Ketua Konsul NU Jawa Tengah pernah pula tinggal di Kapulogo sekira 6 bulan bersama pasukan dan keluarganya saat agresi militer Belanda ke-2 pasca peoklamasi kemerdekan RI. Bahkan salah satu putra beliau yang bayi ada yang wafat dan dimakamkan di komplek pemakaman Kapulogo Kulon.

Pembagian Administratif

Desa Kapulogo terbagi atas tiga dusun yaitu Dusun Kapulogo Kulon, Kapulogo Tengah dan Kapulogo Wetan. Terdiri dari 5 (lima) RW dan 15 (lima belas) RT. -Nama dukuhan: 1. Kapulogo Kulon 2. Simadu 3. Pulaga 4. Lempong 5. Sembir 6. Kalipelus 7. Kebon Kandang 8. Tlagawera 9. Singosari 10. Nangka Sawit 11. Kebon Gunung 12. Kaligetas 13. Kalipelus Sabrang

Bagikan: