Kelurahan/Desa Karangluhur:

Karangluhur adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Karangluhur terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Krakal, Kliwonan, Marong dan Gosono dengan 9 pedukuhan yaitu Krakal Santren, Krakal Tamanan, Kliwonan, Kenjuran, Marong, Sidomukti, Gosono, Sijalak dan Langgeng.

Sumber kehidupan

Dusun Marong,Gosono,Sijalalak dan Langgeng adalah sentra kerajinan anyaman bambu, Dusun Kliwonan dan Kenjuran adalah sentra pertukangan dan Sayuran, Dusun Krakal adalah sentra rengginang, sementara Sidomukti memiliki masyarakat pegawai profesional dan pegawai negeri sipil (PNS).

Sarana kesehatan

Beberapa sarana penunjang kesehatan di Karangluhur adalah Puskesmas I Kertek, Koramil Kertek, Kantor Desa, Gedung Olahraga, KUD

Lembaga keuangan

Terdapat beberapa lembaga keuangan seperti bank perkreditan atau koperasi, yaitu BPR Surya Yudha, BMT Al Huda dan beberapa unit Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Lembaga pendidikan

Karangluhur memiliki beberapa lembaga pendidikan seperti SMP Negeri 1 Kertek, SD NEGERI 1 dan SD NEGERI 2 Karangluhur, MI Maarif Karang Luhur, serta beberapa pendidikan anak usia dini (PAUD) dan TK .

Karangluhur merupakan penggerak ekonomi Kota Kecamatan Kertek. Setiap jam 8 malam hingga jam 3 pagi para pedagang sayuran segar dan kerajinan sudah berduyun-duyun menuju ke pasar kertek. Saat ini Pasar Kertek merupakan pasar pertama yang aktif 24 jam se-Kabupaten Wonosobo.

Bagikan: