Kelurahan/Desa Limbangan:

Limbangan adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Watumalang, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. 

Sejarah 

Berdasarkan  informasi  sesepuh  warga Dusun Limbangan. Bawongso. dan  Petir. Konon  kurang lebih tahun 1913an sudah ada  beberapa  warga yang hidup bermukim di bawah dusun Limbangan .namanya” Ndukuh “ tepatnya di sebelah selatan barat kurang lebih 3.5 m dari dusun Limbangan. Sejarah yang sama juga warga dusun bawongso. sekitar kurang lebih tahun 1914 datang sekelompok warga yang belum jelas tempat  tinggalnya yang tetap untuk  kebutuhan hidup. Waktu itu mereka menempati daerah untuk singgah  sementara. tepatnya kalau sekarang di sebelah utara  barat  Dusun  Sigaok . Desa kuripan Kecamatan  Watumalang.

Akhirnya kelompok tersebut  merasa  betah menempati tinggal di situ. Hari demi hari bulan dan tahun. hubungan  kekerabatan   kelompok ndukuh dengan  pendatang  tersebut di tambah  kelompok dari Petir semakin  dekat dalam kekeluargaan. Dengan kekompakan ketiga kelompok yang sering mengadakan pertemuan  para wakil-wakil tersebut . selalu menghasilkan  hal-hal yang positif bagi setiap kelompoknya masing masing.Pertemuan tersebut yang di pimpin oleh seorang yang masih  muda bernama “ Tumijo” dari kelompok pendatang . Dia seorang yang pintar dan bijak  dalam memimpin rapat  tersebut.Salah satu  hasil rapat tersebut . membuat  “saluran irigasi Gintung” untuk  kelompok Ndukuh dan Petir.  Untuk kelompok pendatang membuat” tempat ibadah”.

Kerja bakti membuat saluran irigasi  gintung di sambut beberapa kelompok lain yang sangat mendukung kerja bakti tersebut. karena kelompok-kelompok lainpun sangat membutuhkannya. Pekerjaan tersebut berjalan dengan lancer walau waktunya cukup lama. Demikian juga kelompok pendatang pembuatan  tempat  ibadah berjalan dengan lancar. Walau sangat sederhana Setelah  irigasi  Gintung  jadi maka kelompok Ndukuh pindah ke atas. karena lebih mudah untuk mendapatkan air irigasi  tersebut  untuk saluran  pertanian dan keperluan hidup lainya akan tetapi pindahnya waktu itu berkala. Yang akhirnya kelompok Nduh jadi empat kelompok.                                                                                                                                      

Kelompok utara. namanya “Sijambu. kelompok tengah “ Krajan .dan kelompok utara sebelah  selatan “ Siladan . nama “Gedawung kelompok selatan sebelah barat….KeEmpat kelompok tersebut selalu damai. rukun. saling menghormati. dan membantu disegala kegiatan.

Akhirnya pada suatu hari. para wakil dan tokoh masing-masing kelompok: Kelompok pendatang yang tercatat  diatas. Kelompok  Petir.dan keempat kelompok Ndukuh mengadakan pertemuan dan rapat yang penting menurut kelompok masing masing.  Rapat  menghadirkan para Tokoh dari unsur Mayarakat. Agama. Pemuda. Adat . dan tokoh lainnya.yang di antaranya:  

  1. Karto Drono. Mbah Kiyai Bantar panjang. Mbah Kiyai Khasan tawi .Mbah Bawong. dari kelompok “pendatang.”

  2. Mbah Kiyai Tawang Sari. Mbah Kiyai Kerta diwangsa. Mbah Kiyai Santheng. dari kelompok ”Petir” dan

  3. Mbah Kiyai Braja wangsa. Mbah Kiyai Sampar wadi. dari kelompok” Ndukuh”

4.   masih banyak lagi tokoh para Pemuda dari kelompok masing-masing.

Pembahasan mereka kala itu. antara lain adalah Memberi nama tempat tinggal yang mereka tempati pada kelompok masing-masing:

  1. Dari kelompok pendatang pertama usulan dari Mbah Bawong. dia mengusulkan bagaimana tempat kelompok kami diberi nama kampung Bawongso.di ambil dari nama saya dan ditambahcerita kelompok kami yang mencari tempat tinggalyang baik dan cocok untuk anak cucu kami mendatang.

  2. Demikian juga dari kelompok Ndukuh: Mbah Kiyai Braja wangsa.menanggapi dari beberapa usulan yang telah disampaikan dari kelompoknya. Akhirnya muncullah rumusan dari para Tokoh-tokoh. menimbang menjadikan rumusan “ Dari Ndukuh Pindah ke atas jadi 4 (empat ).” empat jadi satu”. Dalam arti yang sama. Kampung Bawongso. Kampung Petir.dan Kampung Ndukuh sepakat dikampung ini Kelompok jadi satu.Ndukuh jadi kampung  Limbangan . dan 3 ( tiga ) kampung jadi 1 (satu) yaitu “ DESA LIMBANGAN “ 

Bagikan: