Kelurahan/Desa Mutisari:

Mutisari adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Watumalang, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Desa

Desa Mutisari berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya. Diperkirakan berdiri pada abad 18 ketika terjadi perang Diponegoro melawan Belanda, sehingga Desa Mutisari ini lahir sebelum Indonesia merdeka pada Tahun 1945.

Hingga saat ini pemerintah Desa Mutisari belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan tahun berdirinya Desa Mutisari. Sejarah Desa Mutisari hanya bisa dirunut berdasarkan cerita lisan yang berkembang secara turun temurun di tengah masyarakat, dan konon ceritanya Desa Mutisari adalah pemekaran dari Desa Binangun, yang didirikan oleh seorang tokoh keturunan seorang Demang dari Desa Binangun. Namun demikian hingga saat ini belum ada dokumen dan bukti sejarah yang menorehkan nama pendiri Desa Mutisari pada saat itu.

Menurut riwayat dari cerita yang berkembang di penduduk, Desa Mutisari awalnya bernama Desa Muktisari yang artinya mukti atau dengan kata lain tentram dan jauh dari bencana, semua itu bisa dilihat dari nama dusun yang mengitari Dusun Mutisari yaitu di sebelah barat Dusun Bendungan yang artinya manakala ada bahaya dari barat sudah dibendung, di sebelah utara ada Dusun Pagergunung yang artinya di pagar dengan gunung yaitu Gunung Bisma, dan di sebelah timur ada Dusun Pagersari yang artinya dinding yang kokoh.

Bagikan: