Kelurahan/Desa Pesodongan:

Pesodongan adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Banjarnegara.

Geografi

Wilayah Desa Pesodongan berada di lereng selatan - tenggara Gunung Midangan yang merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Serayu Selatan dengan ketinggian mulai 400-1.000 meter di atas permukaan air laut (Mdpl). Wilayah Desa Pesodongan juga merupakan daerah tangkapan air dari Sungai Maetan salah satu anak Sungai Luk Ulo.

Penduduk

Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani. Dari sektor ini Desa Pesodongan dapat menghasilkan berbagai hasil pertanian strategis seperti padi, singkong, jagung, ketela rambat sebagai bahan makanan pokok. Sementara hasil pertanian yang lain meliputi buah-buahan seperti salak pondoh, durian, duku, rambutan, pisang, pepaya, nanas dan berbagai jenis buah-buahan tropika yang lain. Sedangkan dari segi sayuran, desa ini menghasilkan cabai merah keriting, cabai hijau besar, cabai rawit, sawi, kol, bayam, tomat dan berbagai macam jenis sayuran pegunungan lainnya. Hasil pertanian lain yang banyak dihasilkan dari Desa Pesodongan adalah kelapa, petai, dan jengkol.

Di sisi lain masyarakat berprofesi sebagai peternak ayam, kambing, bebek dan entok. Meski demikian terdapat pekerjaan lainnya seperti PNS, buruh, maupun buruh tani. Masyarakat usia produktif mayoritas pergi merantau ke kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Semarang. Terdapat dua sekolah di Desa Pesodongan yaitu SDN 1 Pesodongan dan SDN 2 Pesodongan.

Potensi

Tidak terdapat tempat pariwisata di Desa Pesodongan, namun beberapa spot di desa tersebut layak untuk di jadikan tempat pariwisata misalnya Bendungan Ladan yang terletak di Dusun Ladan. Selain memiliki keindahan alam, bendungan yang lebih mirip danau itu juga memiliki makna historis dan mistis yang kuat sebagai salah satu objek peninggalan Wali Songo. Di objek bendungan tersebut juga terdapat tradisi upacara adat Nyadran Desa yang diselenggarakan setiap bulan suro pada penanggalan jawa atau bulan Ay-Syura pada penanggalan Hijriyah.

Bagikan: