Kelurahan/Desa Semayu:

Semayu adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Selomerto, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Desa

Desa Semayu berdiri pada tahun yang tidak diketahui kepastiannya, diperkirakan berdiri pada abad 18 ketika terjadi Perang Diponegoro melawan Belanda. Maka bisa dipastikan Desa Semayu ini lahir sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Hingga saat ini Pemerintah Desa Semayu belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan tahun berdirinya Desa Semayu. Sejarah Desa Semayu hanya bisa dirunut berdasarkan cerita lisan yang berkembang dimasyarakat secara turun temurun.

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, Desa Semayu merupakan desa pindahan dari desa yang berada di Dieng. Perpindahan tersebut dikarenakan desa mengalami wabah penyakit dan bencana alam tanah longsor yang mengakibatkan sebagian rumah hilang. Kemudian ada penduduk yang menggembala kambing sampai lokasi Desa Semayu. Mereka yang berpindah ke Desa Semayu merasa cocok dengan lokasi tersebut, sehingga mereka memutuskan untuk berpindah ke tempat yang sekarang menjadi Desa Semayu. Dan menurut cerita, orang yang pertama kali menemukan lokasi Desa Semayu bernama Nolo Kusumo.

Kemudian berdirinya Desa Semayu diprakarsai oleh prajurit pengikut Pangeran Diponegoro yang berasal dari Yogyakarta yang bernama Kyai Sulang. Menurut cerita setiap kali diadakan pertemuan untuk mendirikan desa, Nolo Kusumo selalu menghilang tanpa sebab dalam pertemuan tersebut atau dalam bahasa jawa disebut "semaya" maka oleh Kyai Sulang akhirnya desa tersebut diberi nama Desa Semayu.

Bagikan: